-->

Dil Bechara: Misteri Antara Pilem dan Kehidupan Nyata Sang Aktor

Dil Bechara adalah sebuah film drama percintaan  
Disutradarai oleh Mukesh Chhabra, 
Produser Fox Star Studios, Skenario Suprotim Sengupta

Pemeran
Sushant Singh Rajput - Manny
Sanjana Sanghi - Kizie
Saif Ali Khan - veer
Sahil Vaid - Pandey
Musik
Songs: A.R Rahman Score: A.R Rahman Qutub-E-Kripa
Sinematografi Setu (Satyajit Pande)
Penyunting Deepa Bhatia

Produksi Fox Star Studios
Distributor Fox Star Studios
Tanggal rilis 8 Mei 2020
Negara India
Bahasa Hindi

Menonton Dil Bechara saya berusaha membuat segala emosi yang terikat antara pilem dan kenyataan tentang pemeran utama yaitu Sushant Singh Rajpurt. Dibeberapa postingan, baik berita ataupun akun media sosial, begitu banyak misteri atas meninggalkan SSR. Semua orang membuat pandangannya tentang bagaimana kehidupan sang bintang, mulai dari tertekan masalalu, depresi, sampai kisah lainnya yang barangkali hanya cocokologi semata. 

Dari akun instagram pribadi Sushant Singh Rajpurt pada postingan terakhirnya pun melihatkan sebuah keresahan, begitu juga postingan sebelum-sebelumnya. Tapi tentu khalayak tidak bisa merujuk dari postingan media sosial, meski pada kenyataannya tak sedikit juga manusia menggunakan media sosial sebagai tempat melampiaskan sebuah keadaan. 

Namun, pada pilem ini, ternyata saya tidak bisa melepaskan emosi antara pilem dan kehidupan nyata sang aktor SSR. Padahal kalau dipikirkan, pilem ini bagi saya pribadi terkesan biasa saja. Artinya sudah menjadi alur biasa; seseorang yang memberi perhatian kepada seseorang lainnya, dan pada akhirnya dialah yang butuh diperhatikan, kemudian berujung pada kematian lebih dulu kepada seseorang yang memerhatikan. Saat menonton pilem ini, saya merasakan bagaimana pilem ini berpengaruh kepada kehidupan pribadi Sushant, alur pilem yang barangkali sama dengan dugaan banyak orang terhadap keputusan bodoh yang diambil SSR dengan mengakhiri hidupnya. Tapi, ada beberapa hal yang menarik dalam pilem ini, tidak hanya pada misteri dibalik kepergian sang aktor, tapi juga pada dialog-dialog yang dipakai dalam pilem. Ini saya bagikan beberapa dialog dalam pilem Dil Bechara:

(Veer, penyanyi, Saif Ali Khan) 

Apa anda bisa hidup bahagia setelah orang yang anda cinta menghilang?

Kau tahu apa yang terjadi setelah kematian?
Tidak... Apa?
Bagaimana aku tahu, aku masih hidup.
Tapi, setelah aku mati dan jadi hantu, baru akan kuberitahu.

Ketika orang yang kau cinta meninggal, begitu juga dirimu merasakannya. Tapi, kematian belum merenggutmu. Dan bunuh diri adalah tindakan bodoh.




Ada beberapa percakapan yang menurut saya terasa magis (mungkin karena pada kenyataannya juga terjadi), atau mungkin hanya perasaan emosi saja karena tidak bisa mengesampingkan antara pilem dan kenyataan atau Manny (SSR) terpengaruh oleh pilem ini, atau juga ia merasa terwakilkan dengan adanya pilem ini --pun langsung menjadi pemeran utamanya. Tidak ada yang tau. 

Di Google, pilem ini mendapat suka 98%, artinya pilem ini mendapatkan tanggapan bagus dan menurut saya sedikit berlebihan. Mungkin karena alasan tadi, mereka yang menonton tidak bisa mengesampingkan antara pilem dan kehidupan nyata, atau bukti apresiasi penonton Bollywood kepada karya terakhir sang Aktor. 

Tahun ini India mengalami masa berkabung yang mendalam, aktor-aktor terbaiknya menemui peraduan paling abadi. Beberapa diantaranya juga meninggal karena bunuh diri. Apa yang sedang terjadi sebenarnya di dunia perpileman India? Apakah ada kasus-kasus internal mereka di industri pilem sehingga mengakibatkan depresi berat atau hanya sebuah keputusasaan. 

Terlepas dari itu semua, saya merekomendasikan pilem ini untuk ditonton sebagai kawan merenung, banyak pesan-pesan menarik yang disampaikan. 

Arif P. Putra 


Arif P. Putra
Saya seorang pengarang; menulis Puisi, Cerpen, dan Novel. Saya juga menulis tulisan Ilmiah sebagai alternatif lain mengasah kemampuan menulis saya. Ini merupakan ruang untuk membagikan tulisan-tulisan yang saya hasilkan, baik sudah dimuat media lain ataupun spontan.

Baca Lainnya

Post a Comment

Ikuti Sang Penyair Arif P. Putra